Minggu, 24 Mei 2015

Manfaat Rambutan Bagi kesehatan

BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Buah Rambutan merupakan buah yang memiliki banyak rambut-rambut halus di bagian luarnya, sementara di bagian dalam dagingnya berwarna putih dan memiliki biji lonjong di dalamnya, buah ini masuk kedalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. buah ini memiliki nama latin Niphelium lappaceum, banyak orang mengkomsumsi buah rambutan hanya karena rasanya yang enak, namun siapa sangka jika buah ini juga memiliki manfaat yang sangat beragam untuk kesehatan tubuh manusia dan beragam manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Beragam manfaat buah rambutan dapat ditemukan bukan pada buahnya saja namun juga kayu, biji, dan juga kulit buahnya, sehingga semua morfologi tanaman rambutan ini berperan bagi kesehatan tubuh manusia.
            Sebagai sebuah negara yang beriklim tropis, alam indonesia banyak ditumbuhi beraneka ragam tumbuhan. Salah satunya adalah tanaman buah rambutan. Buah rambuatn merupakan tanaman yang cukup potensial, tentunya buah rambutan sudah sepatutnya untuk dikembangkan. Hasilnya selain dapat digunakan sebagai penganekaragaman menu rakyat, juga mempunyai prospek penting sebagai bahan dasar industri. Maka tidak terlalu bila di katakan bahwa, tanaman buah rambutan ini jika di kembangkan akan menjadi tanaman komersial di bidang produk kecantikan.


B. Tujuan
Tujuan dari penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui manfaat buah rambutan itu sendiri.
2. Untuk mengetahui cara yang benar dalam mengobati penyakit dari buah rambutan.

C. Batasan Masalah
Adapun batasan masalah karya ilmiah ini adalah ;
1.      Sejarah Buah Rambutan
2.      Kandungan buah rambutan    
3.      Manfaat Buah Rambutan untuk kesehatan
4.      Manfaat Buah Rambutan untuk Kecantikan

D. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas dapat dirumuskan permasalahan karya ilmiah ini adalah Bagaimana Manfaat Rambutan Bagi kesehatan ?

E. Sistematika Penulisan
Pada uraian di atas dapat penulis simpulkan bahwa BAB I penulis membahas tentang Latar Belakang Masalah, Tujuan, Batasan Masalah, dan Sistematika Penulisan. Pada Bab II penulis membahas isi dari uraian BAB I, dan pada BAB III penulisan dapat memberikan kesimpulan dan saran



BAB II
PEMBAHASAN

A.     Sejarah Buah Rambutan
Rambutan adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Kata "rambutan" berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut. Rambutan banyak terdapat di daerah tropis seperti Afrika, Kamboja, Karibia , Amerika Tengah, India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Sri Lanka.
Sebenarnya buah Rambutan ini memiliki banyak sekali jenisnya diantaranya adalah sebagai berikut : ropiah, simacan, sinyonya, lebak bulus, binjei dan juga masih banyak lagi, salah satu yang paling di kenal manfaatnya adalah untuk mengobati kencing manis. Buah ini mengandung karbohidrat, protein, lemak, fosfor, besi, kalsium dan vitamin C. Kulit buah mengandung tanin dan saponin. Biji mengandung lemak dan polifenol. Daun mengandung tannin dan saponin. Kulit batang mengandung tannin, saponin, flavonida, pectic substance, dan zat besi.

B.      Kandungan buah rambutan          
Setiap 100 gram daging buah rambutan terkandung 84 kalori. Jika anda mengikuti program diet 2.000 kalori, rambutan telah menyumbangkan 4,2 persen kalori harian yang anda butuhkan. Untuk jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh bisa bervariasi, karena tergantung pada berat badan, gaya hidup, jenis kelamin, dan juga usia.
Setiap 100 gram buah rambutan mengandung sekitar 40 persen dari asupan harian vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, daging rambutan juga mengandung sekitar 1 persen niacin atau biasa dikenal sebagai vitamin B3.
Rambutan merupakan buah yang rendah lemak. Sebagian besar kalori yang dimiliki oleh buah rambutan berasal dari karbohidrat. Institute of Medicine merekomendasikan 130 gram rambutan untuk konsumsi harian Anda.
Buah rambutan sangat kaya akan kandungan zat besi, yang dibutuhkan untuk mengontrol kadar oksigen dalam tubuh. Fungsi zat besi adalah untuk membantu mencegah kelelahan dan pusing yang disebabkan oleh karena anemia. Selain itu, daging rambutan juga memenuhi 4,3 persen kebutuhan fosfor harian tubuh. Fosfor berfungsi membantu menyaring limbah di ginjal, serta diperlukan untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan semua jaringan dan sel

C.    Manfaat Buah Rambutan untuk kesehatan
1.      Mengobati Kencing Manis
Ambillah biji rambutan sebanyak 6 biji lalu di sangrai sampai gosong. Haluskan dengan cara di tumbuk atau digiling sampai benar – benar halus. Seduhlah dengan air panas dan biarkan sampai dingin. Minumlah ramuan tersebut sehari 2 kaki.
2.      Mengobati Demam
Cara mengobati : Siapkan 15 gram kulit buah rambutan. Kemudian cuci bersih, lalu rebus dengan 3 gelas air putih selama kurang lebih 15 menit. Setelah direbus, air di diamkan hingga dingin, lalu saring. Air hasil rebusan dapat diminum 3 kali sehari masing-masing 1/3 bagian.

3.      Sariawan
 Kandungan vitamin C nya yang tinggi mampu mengobati sariawan yang bertengger di rongga mulut anda.
Cara mengobati : Ambil beberapa kayu rambutan lalu cuci hingga bersih lalu rebus dan tambahkan dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas saja. Lalu kumurkan ramuan tersebut sebelum tidur.
4.      Mengobati Disentri
Cara mengobati : Menyiapkan 10 kulit rambutan, lalu cuci bersih dan potong-potong rebus dengan tiga gelas air hingga airnya tersisa separuhnya. Saring dan minum sehari dua kali.
5.      Menguatkan sistem imun tubuh
Kandungan tembaga dalam daging buah rambutan bermanfaat untuk pembuatan sel darah putih, yang berfungsi melawan virus dalam tubuh.                      
Cara mengobati : Cukup hanya dengan mengonsumsi minimal 2 buah rambuatan dalam sehari.
6.      Menjaga kesehatan ginjal
Makan rambutan akan membantu menghilangkan limbah yang tidak diinginkan dari ginjal. Ini juga memainkan peran penting dalam perbaikan, peremajaan, pengembangan, dan pemeliharaan jaringan dan sel-sel tubuh. Bahan lain dalam buah yakni kalsium, juga membantu meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.
7.      Sumber zat besi
Karena buah rambutan merupakan sumber zat besi yang baik, sehingga buah ini juga sangat dianjurkan dikonsumsi para wanita. Zat besi yang ada di dalamnya, mampu meningkatkan jumlah oksigen dalam tubuh. Hal ini pada gilirannya membantu meringankan gejala pusing dan kelesuan yang disebabkan oleh kekurangan zat besi atau anemia.
8.      Mengurangi resiko tekanan darah tinggi
Tidak hanya membantu menurunkan berat badan, rambutan juga dikenal untuk mengurangi tekanan darah dan memperbaiki tekstur kulit Anda.

D.    Manfaat Buah Rambutan untuk Kecantikan
1.    Mencegah kulit kusam
Cara menjaga kulit agar tidak terlihat kusam dan kasar adalah dengan menghaluskan biji rambutan,lalu dapat dikonsumsi dengan cara dicampurkan ke dalam makanan yang telah disajikan atau bisa saja anda memasukkannya.
2.    Menghitamkan rambut yang tengah beruban
Ketika rambut tengah beruban dan tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Caranya ambil beberapa helai daun rambutan lalu tumbuk sampai halus. Beri tambahan air secukupnya, lalu haluskan setelah itu peras dan saring dengan menggunakan kain kecil. Lakukan perawatan ini setiap hari maka rambut akan terlihat cantik mempesona tanpa uban di kepala.
3.    Mengurangi Lemak Tubuh
Caranya, anda dapat mengunyah dan memakan langsung biji rambutan. Atau,  juga dapat menambahkan biji rambutan kedalam masakan tertentu misalnya kedalam sayuran seperti sayur asem.



BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
            Rambutan merupakan buah. Buah rambutan selain dapat di konsumsi sebagai hidangan pencuci mulut setelah makan, buah rambutan ternyata memiliki manfaat lain lain yang tersembunyi yang belum diketahui oleh sebagian besar masyarakat. Ternyata pemikiran masyarakat terhadap buah rambutan yang menganggap akan menimbulkan efek sakit perut jika dikonsumsi secara berlebihan adalah keliru. Karena sebenarnya kadar serat rambutan sangat tinggi, yang dapat secara otomatis dapat membantu melancarkan proses pencernaan tubuh. Dan dapat bermanfaat pula untuk melakukan program diet tanpa harus menyiksa diri secara berlebihan. Dalam penelitian yang telah saya lakukan, ternyata buah rambutan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat, tetapi seluruh bagian dari pohon rambutan ( buah, akar, daun, kulit kayu, dan biji ).

B. Saran
            Kita telah mengetahui banyak hal bahwa tanaman yang selama ini kita anggap buruk dan tidak memiliki manfaat, ternyata dibalik itu semua menyimpan beberapa manfaat yang besar.
1.      Kita sebagai generasi penerus bangsa yang cerdas, sebaiknya kita sering melakukan beberapa penelitian terhadap semua tanaman yang tidak pernah kita ketahui sebelumnya, karena untuk mengatasi penyakit – penyakit kronis seperti kencing manis, dll kita tidak harus mengkonsumsi obat yang berbahan zat kimia, tetapi dari bahan alamipun seperti buah rambutan kita bisa mengatasi penyakit – penyakit kronis itu dengan cara yang lebih aman dibanding dengan penggunaan bahan kimia

DAFTAR PUSTAKA




Tidak ada komentar:

Posting Komentar